PENGARUH MODEL PBL BERDIFERENSIASI TERHADAP BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN MRANAK 1

Fransiska, Novie (2024) PENGARUH MODEL PBL BERDIFERENSIASI TERHADAP BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN MRANAK 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000060_fullpdf.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000060_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Akibat nilai rata-rata siswa mata pelajaran matematika yang masih dibawah KKM membuat tingkatan berpikir kritis siswa di kelas IV rendah, hal ini dikarenakan kemampuan siswa yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL berdiferensiasi terhadap berpikir kritis mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN mranak 1. Penelitian dirancangan dengan menggunakan pre-experimental design (non-design). Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas iv SDN Mranak 1 dengan sampel jenuh berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan angket sebagai pengorganisasian kelompok gaya belajar. Hasil nilai rata-rata tes awal (pretest) yaitu 41.2 dan nilai rata-rata tes akhir (postest) dengan uji paired sampel t-tes pada masing-masing kelompok yaitu kinestetik memperoleh nilai rata-rata 78 dengan nilai sig 0,016 < 0,05 dan nilai n-gain 0,62 dengan kriteria kenaikan nilaisedang, visual memperoleh nilai rata-rata 82 dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai n-gain 0,69 dengan kriteria kenaikan nilai sedang, dan auditori memperoleh nilai rata-rata 85 dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai n-gain 0,74 dengan kriteria kenaikan nilai tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model PBL Berdiferensiasi Terhadap berpikir kritis mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN Mranak 1 mampu meningkatkan berpikir kritis siswa. Adapun temuan pada penelitian ini mengungkapkan bahwa model PBL dengan menerapkan pengajaran langsung dari guru atau gaya belajar auditori memiliki kriteria kenaikan tinggi maka dinilai lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: PBL, Pembelajaran Diferensiasi, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:29
Last Modified: 07 Aug 2024 04:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35320

Actions (login required)

View Item View Item