ANALISIS SELF DIRECTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC PADA MATERI BARISAN DAN DERET

Setyaningrum, Juwita Istari (2024) ANALISIS SELF DIRECTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC PADA MATERI BARISAN DAN DERET. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000018_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan self direction siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran SIMAS ERIC pada materi barisan dan deret. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA ASSALAM Grobogan. Pengambilan subjek menggunakan cara Purposive Sampling. Data penelitian yang diperoleh berupa data angket, tes tertulis, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembelajaran dengan model SIMAS ERIC, terlihat kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa yang ditinjau oleh self-direction. Siswa dengan self-direction tinggi dapat memenuhi seluruh tahapan pemecahan masalah menurut Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan memeriksa kembali hasil penyelesaian. Siswa dengan self-direction sedang dapat memenuhi tahapan pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, akan tetapi siswa tidak melakukan pengecekan kembali terhadap jawaban yang diberikan. Siswa dengan self-direction rendah hanya mampu memenuhi pemecahan masalah yaitu memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian. Siswa tidak mampu menyelesaikan masalah dengan tepat dan tidak melakukan pengecekan kembali terhadap soal yang diberikan. Kata kunci: Self-Direction, Kemampuan Pemecahan Masalah, SIMAS ERIC, Barisan dan Deret

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:01
Last Modified: 06 Aug 2024 08:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35233

Actions (login required)

View Item View Item