PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD N KLEPU 05

Maghfiroh, Fayza Anatul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD N KLEPU 05. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000104_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000104_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)

Abstract

Penelitian berfokus pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS pada siswa SD Negeri Klepu 05. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (pre-eksperimen) dengan desain Pre-test dan Post-test One Group Design, melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas (model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)) dan varibel terikat adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Klepu 05 sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penentuan sampel dalam penelitian adalah Nonprobability Sampling dengan teknik sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan tes untuk mengumpulkan data, dan instrumen penelitian adalah lembar tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, dan uji tingkat kesukaran. Teknik analisis data tes meliputi uji normalitas dan uji hipotesis (uji paired sample t test dan uji gain). Hasil uji paired sample t test adalah 0,000 dimana nilai sig.(2-tailed) < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak sedangkan H1 diterima, dengan begitu terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SD N Klepu 05. Pada hasil uji gain ternormalisasi bernilai 0,61 dengan nilai gain maksimal 0,88 dan uji gain minimal 0,00 dan berkategori sedang. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatf tipe Numbered Head Together (NHT), berpikir kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 04:20
Last Modified: 07 Jun 2024 04:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34520

Actions (login required)

View Item View Item