PENGARUH MODEL RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN 3 PUTATSARI

Vebriana, Anggita Shintia (2024) PENGARUH MODEL RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN 3 PUTATSARI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000098_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000098_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada model pembelajaran resource based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Terdapat permasalahan proses pembelajaran belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi sehingga mata pelajaran matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang menakutkan sehingga kurang diminati siswa. Oleh karena itu, diperlukan adanya alternative solusi dengan menerapkan model resource based learning yang dapat menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model resource based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN 3 Putatsari. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitaf dengan jenis Pre-experimental dengan bentuk One-Groups Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa lembar soal pretest dan posttest. Berdasarkan uji normalitas pada pretest dan posttest, diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalahan matematis (pretest) sebanyak 0,742 dan setelah siswa diberikan treatment hasil rata-rata posttest sebanyak 0,222. Dari hasil rata-rata yang diperoleh diperkuat dengan uji paired sample t-test untuk mengetahui adanya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terkait. Berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh hasil 0.001. Pada kriteria yang telah ditentukan yaitu jika sig. (2-tailed) < α = 0,05 maka H_0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa sig. (2-tailed) < α = 0,05 H_0 ditolak dan H_a diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh penerapan model resource based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SDN 3 Putatsari. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Resource Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:18
Last Modified: 06 Jul 2024 01:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34517

Actions (login required)

View Item View Item