PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN PAGENDISAN

Wiranti, Retno Ayuk (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN PAGENDISAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000068_fullpdf.pdf

Download (911kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000068_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SDN Pagendisan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental Design dan bentuk design Nonequivalent Control Group Design. Populasinya meliputi seluruh siswa kelas IV SDN Pagendisan yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara teknik sampling jenuh, dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel objek penelitian. Analisis instrumen tes yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay berjumlah 10 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest 56,1 dan postest 85,7 sehingga terjadi peningkatan signifikan setelah menggunakan model problem based learning. Selain itu, dari hasil analisis uji paired sample t-test didapatkan nilai lower dan upper bernilai negatif yaitu Lower -37.98090 dan Upper - 21.21910 dengan nilai sig. (2-tailed): 0,000 < α = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SDN Pagendisan. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 03:35
Last Modified: 06 Jul 2024 03:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34504

Actions (login required)

View Item View Item