PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS III SD N PRAMPELAN 1

Annisak, Intan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS III SD N PRAMPELAN 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000043_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000043_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini melibatkan 25 peserta didik kelas IIIA dan 25 peserta didik kelas IIIB di SD N Prampelan 1 yang telah memenuhi uji normalitas, uji homogenitas, uji paired t test dan uji independent t test. Pada kedua kelompok penelitian diberikan perlakuan yang berbeda, pada kelas eksperimen diberikan perlakuan model Problem Based Learning dan kelompok kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui tes sebagai instrumen penelitian melalui pretest dan posttest. Pada uji instrument yang digunakan adalah tes berjumlah 5 soal dan menunjukkan hasil valid. Hasil uji normalitas data awal dan data akhir menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dengan nilai sig. >0,05. Adapun hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada soal cerita matematika dengan signifikansi uji Paired sample t test dan uji independent sample t test nilai sig. (2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05, oleh karena itu Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning lebih berpengaruh dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada soal cerita matematika kelas III di SD N Prampelan 1. Kata Kunci : Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Soal Cerita Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:30
Last Modified: 07 Jun 2024 07:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34491

Actions (login required)

View Item View Item