PENGARUH MODEL COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS V SD NEGERI 3 JUNGSEMI

Azka, Deska Fela (2024) PENGARUH MODEL COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS V SD NEGERI 3 JUNGSEMI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000027_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000027_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)

Abstract

Model collaborative learning merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang menuntut siswa untuk saling berkolaborasi secara aktif dalam kelompok untuk memperoleh berbagai ilmu, wawasan maupun pengetahuan. Penelitian ini berfokus pada pengaruh model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun datar kelas V SD Negeri 3 Jungsemi. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengaruh model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun datar kelas V SD Negeri 3 Jungsemi. Penelitian ini menggunakan design pre-experimental jenis one-shoot pretest posttest design sebagai bahan dalam pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 3 Jungsemi berjumlah 24 siswa, sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun datar kelas V SD Negeri 3 Jungsemi diperoleh dari uji paired sample t test pada taraf signifikansi 5% dengan hasil thitung > ttabel yaitu 31.843 > 2.074. Lower bernilai negatif yaitu -54.31322 dan Upper bernilai negatif yaitu -47.68678 dan nilai sig. (2-tailed) = 0.000 < α = 0.05, maka Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun datar kelas V SD Negeri 3 Jungsemi. Kata Kunci : model pembelajaran, pemecahan masalah, collaborative learning matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 07:16
Last Modified: 06 Jul 2024 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34485

Actions (login required)

View Item View Item