PENGEMBANGAN MEDIA GADAMAS (GAME DATA MASTER) BERBASIS DIGITAL MUATAN MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Wulandari, Diah Ayu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GADAMAS (GAME DATA MASTER) BERBASIS DIGITAL MUATAN MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000003_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000003_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan aplikasi android bernama Game Data Master sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar, pada materi penyajian data. Latar belakangnya adalah minimnya inovasi media pembelajaran dalam pembelajaran matematika dan kurangnya keterlibatan siswa. Tujuannya adalah mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan Game Data Master menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Metode analisis yang digunakan mencakup data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif memberikan masukan dan saran dari validator untuk meningkatkan produk. Sementara data kuantitatif diperoleh melalui pengisian angket oleh validator ahli dan siswa. Metode analisis data yang akan digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan fokus pada analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tridonorejo 1. Penilaian dari ahli media dan ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 91,33%, dengan kategori "Sangat Layak." Kepraktisan guru dan siswa juga tinggi, masing-masing dengan presentase 88% dan 90,4%, dengan kategori “Sangat Praktis”. Untuk menilai keefektifan diperoleh hasil pretest memiliki jumlah skor 1345 dan rata-rata 53,8 dan hasil posttest memiliki jumlah skor 1875 dengan rata-rata 75. Sedangkan pada hasil uji paired sample t test diperoleh bahwa Lower dan Upper bernilai negative atau sig,(2-tailed)=0,001<0,05 yang artinya terjadi perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media Game Data Master berbasis digital. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Game Data Master berbasis digital memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang layak, praktis, dan efektif untuk pembelajaran matematika bagi siswa kelas IV di SDN Tridonorejo 1. Kata kunci : Aplikasi android, Game Data Master, Media pembelajaran, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:07
Last Modified: 11 Jul 2024 02:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34471

Actions (login required)

View Item View Item