PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENT SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG

Savitri, Ervina (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENT SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800030_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self Confident siswa kelas V SD Islam Al Fattah pada materi bangun ruang kubus dan balok. Tujuan dalam penelitian adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self Confident siswa pada materi bangun ruang di SD Islam Al Fattah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen yang digunakan yaitu Non-equivalent Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Islam Al Fattah. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh dari nilai hasil angket dan tes soal uji coba, pretest, dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada materi bangun ruang kubus dan balok dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan Self Confident siswa kelas V SD Islam Al Fattah. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis 1 pada Uji Independent T test yang didapatkan yaitu nilai signifikansi (sig 2-tailed) sebesar 0,000 dimana nilai probabilitasnya kurang dari 0,05 maka Ho ditolak. Selain itu juga berdasarkan hasil perhitungan Uji Paired Sample T Test diperoleh nilai signifikansi (Sig 2 Tailed) sebesar 0,000 maka nilai probabilitasnya kurang dari 0,05 maka Ho ditolak. Hasil perhitungan angket Self Confident juga menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning dengan pendekatan kontekstual terhadap Self Confident siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis 2 dengan uji Independent T Test dimana diperoleh nilai signifikansi (sig 2-tailed) sebesar 0.001. Berdasarkan uji paired sampel t test diperoleh nilai signifikansi (sig 2-tailed) sebesar 0.001. Karena nilai probabilitasnya kurang dari 0,05 maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning dengan pendekatan kontekstual terhadap Self Confident siswa pada materi bangun ruang di SD Islam Al Fattah. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Confident

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:24
Last Modified: 17 Jan 2023 06:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27176

Actions (login required)

View Item View Item