PENGARUH PEMBERIAN REWARD PADA METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD

Nurfadilah, Nurfadilah (2022) PENGARUH PEMBERIAN REWARD PADA METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301800002_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh pemberian reward pada metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen, dengan desain penelitian Pre-Experimental Design (nondesign). Sampel diambil menggunakan teknik probability sampling tepatnya Sampel Jenuh dengan sampel 26 siswa. Hasil uji normalitas data menunjukkan nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Dilihat dari Lmaks pretest 0,966 Lmaks posttest 0,947. Uji hipotesis pertama berupa uji t (Paired sample t-test) menunjukkan adanya pengaruh dilihat dari Lower 41,51573 dan Upper -29,33043 keduanya bernilai negatif. Nilai sig. (2-tailed) memperlihatkan angka 0,000 yang berarti < 0,05, maka Ha diterima, berarti Pemberian Reward pada metode pembelajaran Problem Solving berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran matematika SD. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Pemberian reward pada metode pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif pada pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci : Reward, Problem Solving, Hasil Belajar Kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:19
Last Modified: 17 Jan 2023 02:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27111

Actions (login required)

View Item View Item