PENGEMBANGAN “SHAPE MATH POCKET BOOK” BUKU SAKU DIGITAL MATERI BANGUN DATAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS III SDN MLEKANG 2

Khoir, Siti Muflikhatul (2022) PENGEMBANGAN “SHAPE MATH POCKET BOOK” BUKU SAKU DIGITAL MATERI BANGUN DATAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS III SDN MLEKANG 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301700001_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dari produk media buku saku digital “Shape Math Pocket Book” pada materi bangun datar. Produk media buku saku digital “Shape Math Pocket Book” pada materi bangun datar dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru dalam pembelajaran terhadap penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dari Shape Math Pocket Book. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Pengembangan produk buku saku digital “Shape Math Pocket Book” menggunakan prosedur penelitian pengembangan menurut Branch dengan metode pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implement, and evaluate). Berdasarkan hal tersebut, diperoleh hasil penelitian antara lain: 1) Hasil validasi dari 3 ahli diperoleh rata-rata skor 101,3 dan presentase 88,1% dengan kriteria “Sangat Layak”. 2) Hasil respon guru diperoleh presentase 85% dengan kriteria “Sangat Praktis”, dan hasil respon siswa diperoleh 88,6% dengan kriteria “Sangat Praktis”. 3) Hasil analisis dan menyatakan bahwa uji paired sample t test menunjukkan rata-rata nilai pada kegiatan pre-test 51,1 dan post-test 86,4, karena taraf signifikansi 5% (0,05) dan diperoleh nilai signifikansi (-2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil nilai antara pre-test dan post-test siswa sebelum dan sesudah belajar menggunakan media Shape Math Pocket Book. Pada hipotesis yang diajukan Ho ditolak dan Ha diterima yaitu kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran materi bangun datar dengan media buku saku “Shape Math Pocket Book” adalah tidak sama. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan produk “Shape Math Pocket Book” dapat dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media pembelajaran “Shape Math Pocket Book”, buku saku digital, materi bangun datar, matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:35
Last Modified: 16 Jan 2023 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27062

Actions (login required)

View Item View Item