PENGARUH SUMBATAN SERUMEN TERHADAP INDEKS PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Studi Observasional pada Siswa Sekolah Dasar di SD Negeri 01 Wiradesa dan SD Negeri Karangjati Wiradesa Tahun Ajar 2020/2021

Septianari Paramesti Sulistiana, Briliani (2022) PENGARUH SUMBATAN SERUMEN TERHADAP INDEKS PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Studi Observasional pada Siswa Sekolah Dasar di SD Negeri 01 Wiradesa dan SD Negeri Karangjati Wiradesa Tahun Ajar 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800038_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Serumen adalah sekret normal yang terbuat dari campuran keratin dengan sekresi minyak dari kelenjar sebaceous dan kelenjar apokrin yang dimodifikasi. Gangguan pendengaran diakibatkan akumulasi seruman disaluran telinga luar sehingga menyebabkan penurunan indeks prestasi belajar. Tujuan peenlitian ini untuk mencari tahu pengaruh sumbatan serumen pada siswa sekolah dasar terhadap indeks prestasi belajar siswa. Penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional melibatkan 78 siswa sekolah dasar di Kabupaten Pekalongan dan pemilihan sampel dengan menggunakan teknik stratified random sampling, didapatkan sebanyak 38 siswa SD Negeri Wiradesa 01 dan 40 siswa SD Negeri Karangjati Wiradesa. Penilaian adanya serumen menggunakan otoskop dan prestasi belajar ditentukan dari nilai rapot dua semester terakhir. Analsis data dikerjakan dengan uji pearson chi square. Hasil penelitian menjelaskan berdasarkan uji pearson chi square diperoleh sumbatan serumen telinga kanan dengan p=0,317 (p>0,05) dan nilai RP sebesar 1,667 (IK95%: 0,628-4,24) menandakan siswa dengan sumbatan serumen telinga kanan lebih mungkin mendapat indeks prestasi kurang sebesar 1,667 kali. Sumbatan serumen telinga kiri dengan p=0,187 (p>0,05) dan nilai RP sebesar 1,65 (IK95%: 0,705-3,86) menandakan bahwa siswa dengan sumbatan serumen telinga kiri lebih mungkin mendapat indeks prestasi kurang sebesar 1,65 kali. Disimpulkan bahwa sumbatan serumen tidak memiliki pengaruh kepada indeks prestasi belajar siswa SD Negeri 1 Wiradesa dan SD Negeri Karangjati Wiradesa Tahun Ajar 2020/2021. Kata Kunci: Sumbatan Serumen, Indeks Prestasi, Gangguan Pendengaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:02
Last Modified: 02 Apr 2024 06:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25421

Actions (login required)

View Item View Item