Abdullah, Naufal Maula (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI EKSPONEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
cover.pdf Download (668kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (385kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (384kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (514kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (615kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
34201400225_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pada masa pandemi Covid-19 sistem pembelajaran tatap muka di SMK Muhammadiyah Undaan Kudus dirubah menjadi pembelajaran dari rumah dengan metode daring sesuai dengan peraturan Kemendikbud tentang upaya pencegahan wabah corona virus. Permasalahan tersebut, perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat membantu kemandirian siswa pada pembelajaran matematika.Salah satunya yaitu dengan pembelajaran E-Learning berbantuan Google Classroom. Google Classroom juga memudahkan guru dalam mengontrol perkembangan siswa dan proes penilaian tugas secara paperless. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kemandirian belajar pada pembelajaran matematika dengan menggunakan google classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam materi eksponen pada siswa kelas X TAV SMK Muhammadiyah Undaan Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental dengan bentuk nonequivalent control group design.Populasinya adalah siswa kelas X TAV SMK Muhammadiyah Undaan Kudus. Pemilihan sampling dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui metode tes dan angket. Metode analasis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji regresi diperoleh hasil sebesar 16,051 dengan signifikansi 0,000. Dari hasil penghitungan tersebut dapat diketahui bahwa 16,051 > 2,04841 atau thitung > ttabel dan 0,000 < 0,005 atau nilai signifikansi < 0,005. Jadi terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa pada pembelajaran berbasis google classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah eksponen, sehingga Ha diterima. Nilai R Square sebesar 0,905 yang mengandung arti bahwa 90,5% variasi besarnya variabel kemampuan pemecahan masalah eksponen bisa dijelaskan oleh variasi variabel kemandirian belajar siswa dengan menggunakan google classroom. Simpulan penelitian ini adalah bahwa kemandirian belajar dengan menggunakan google classroom mempunyai hubungan dan berpengaruh positif terhadap terhadap kemampuan pemecahan masalah eksponen siswa. Kata kunci: kemandirian belajar, Google classroom, materi eksponen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 07:28 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 07:28 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23333 |
Actions (login required)
View Item |