Analisis Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Gaya Belajar Field Independent dan Field Dependents Siswa Kelas X Materi Trigonometri

Jusman, Jusman (2018) Analisis Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Gaya Belajar Field Independent dan Field Dependents Siswa Kelas X Materi Trigonometri. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Field Independent dan Field Dependent Kemampuan penalaran matematis siswa dipengaruhi gaya belajar sehingga penting menganalisis kemampuan bernalar siswa ditinjau daari gaya belajar. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa SMA ditinjau dari gaya belajar field independent dan field dependent siswa. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas X MIA1 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang ditinjau dari gaya belajar field independent dan field dependent siswa pada sub pokok materi perbandingan trigonometri. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui pemberian tes kemampuan penalaran dan Group Embedded Figures Test (GEFT) dan wawancara. Subjek penelitian adalah enam siswa kelas X MIA 1 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, yang terdiri atas tiga siswa bergaya belajar field independent dan tiga siswa bergaya belajar field dependent. Analisis data yaitu dengan reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan gaya belajar field independent : siswa mampu menyajikan apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal, mampu menentukan pola dari soal dengan benar, mampu mengajukan dugaan rumus yang benar, mampu memberikan bukti terhadap kebenaran solusi, mampu melakukan manipulasi, mampu menarik kesimpulan dari hasil pekerjaanya. Secara umum, sebagian besar siswa dengan gaya belajar ini memiliki kemampuan penalaran yang baik. Sementara siswa dengan gaya belajar field dependent : Siswa mampu menyajikan apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal, belum mampu menentukan pola dari soal dengan benar, mampu mengajukan dugaan rumus yang benar, belum mampu memberikan bukti terhadap kebenaran solusi, belum mampu melakukan manipulasi, serta belum mampu menarik kesimpulan dari hasil pekerjaanya dengan baik. Secara umum, sebagian besar siswa dengan gaya belajar ini masih kurang kemampuan penalarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:09
Last Modified: 05 Oct 2018 04:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11469

Actions (login required)

View Item View Item