Lisdiantoro, Muh (2017) MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS CERITA REKAAN MELALUI MODEL PICTURE ANDPICTURE DI KELAS IV SDN PACET. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia yang ada di SD Negeri Pacet kelas IV, guru masih menggunakan model pembelajaran yang berfokus pada gurudan tidak menambahkan metode maupun model pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif serta ketrampilan menulis cerita kurang dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan menulis cerita mata pelajaran bahasa indonesia melalui pembelajaran picture and picture di kelas IV SD Negeri Pacet, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pembahasan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVSD Negeri Pacet yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan ketrampilan menulis cerita yang ditunjukkan dengan peningkatan observasi kegiatan siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh skor sebanyak 738,5 dengan persentase 73,85% termasuk kriteria ketrampilan menulis cerita baik. Pada siklus II memperoleh skor sebanyak 863dengan persentase 86,30% termasuk kriteria ketrampilan menulis cerita sangat baik. Adanya peningkatan menggunakan instrumen tes yang diberikan pada akhir siklus I dan siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 6,8 dan persentase ketuntasan kelas 62%. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 7,6 dan persentase ketuntasan kelas 81%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melaluimodel picture and picture dapat meningkatkan ketrampilan menulis cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IVSD Negeri Pacet. Saran dari peneliti yaitu hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan mampu mengkondisikan kelas dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. Kata Kunci : Ketrampilan Menulis Cerita, Picture and Picture
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:42 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10138 |
Actions (login required)
View Item |