HUMAN ERROR ANALYSIS PADA PROSES ASSEMBLY PEMBUATAN PRODUK TEMPAT BEDAK CM-105 COVER FX DENGAN METODE HUMAN ERROR ASSESSMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART) (Studi Kasus : PT. TECHPACK ASIA DEMAK)

SETYAWAN, ANDY (2017) HUMAN ERROR ANALYSIS PADA PROSES ASSEMBLY PEMBUATAN PRODUK TEMPAT BEDAK CM-105 COVER FX DENGAN METODE HUMAN ERROR ASSESSMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART) (Studi Kasus : PT. TECHPACK ASIA DEMAK). Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Operator memiliki kontribusi yang cukup besar dalam operasi sistem melalui perannya dalam penyelesaian pekerjaan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kesalahan operator (human error) agar mampu meningkatkan kualitas produk. permasalahan yang terjadi pada perusahaan adalah ketidaksuksesan kualitas dari produk (defect) ditentukan oleh faktor kesalahan manusia (human error) pada proses pemasangan kaca, cleaning kaca, packing akibat dari lemahnya kontrol perusahaan terhadap kinerja operator. PT. TECHPACK ASIA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang plastic assembly khususnya pembuatan kemasan bedak.. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan operator dan jenis-jenis kesalahan yang sering terjadi pada operator untuk mengurangi human error. Data diperoleh dari hasil wawancara, kuisioner dan observasi. Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan metode HTA dan metode HEART. Dari penelitian ini, diketahui human error tertinggi yang terjadi pada proses cleaning kaca pada task 7.1 dengan nilai HEP 0,5717. Human error yang terbesar kedua terjadi pada proses packing pada task 10.4 dengan nilai HEP 0,5136. Human error terbesar ketiga pada proses pemasangan kaca pada task 5.3 dengan nilai HEP 0,5029. Solusi perbaikan yang dapat dilakukan untuk task 7.1 yaitu operator sebaiknya mengganti safina sebanyak 7x dalam 1 shift kerja. Solusi perbaikan yang dapat dilakukan untuk task 10.4 yaitu perlu adanya training atas dasar prioritas sehingga operator dapat melaksanakan tugas dengan menghemat waktu. Solusi perbaikan yang dapat dilakukan untuk task 5.3 yaitu perlu adanya pergantian mesin dari yang manual ke otomatis sehingga operator saat menekan tuas bisa dengan mudah tanpa harus mengira-ngira. Kata Kunci : PT. TECHPACK ASIA, Human Error, HEP, HTA, HEART

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Jan 2018 01:53
Last Modified: 30 Jan 2018 01:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9808

Actions (login required)

View Item View Item