PRASETYO, ANDRY and BASORI, MOCH. ALWI (2017) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN WALISONGO SEMARANG DENGAN PEMBERLAKUAN U-TURN (Studi Kasus U-Turn di Depan Rumah Sakit Tugurejo Jl. Walisongo Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.
|
Text
Abstrak.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (833kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (367kB) | Preview |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (959kB) |
||
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Bukaan median dengan fasilitas U-Turn tidak secara keseluruhan mengatasi konflik, sebab gerak U-Turn itu sendiri akan menimbulkan masalah konflik tersendiri dalam hambatan terhadap arus lalu-lintas searah dan juga arus lalu-lintas yang berlawanan arah. Salah satu pengaruh ketika melakukan gerak U-Turn yaitu terhadap kecepatan kendaraan di mana kendaraan akan melambat atau berhenti. Perlambatan ini akan mempengaruhi arus lalu-lintas pada arah yang sama. Pada keadaan tertentu, untuk melakukan gerak U-Turn tidak bisa secara langsung melakukan perputaran dikarenan kondisi kendaraan yang tidak memiliki radius perputaran yang cukup, sehingga akan menyebabkan kendaraan lain akan terganggu bahkan berhenti. Pergerakan U-Turn pada bukaan mediaan di Ruas Jalan Walisongo Semarang yang kerap menyebabkan kemacetan arus pada jam puncak. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah jarak antar U-Turn yang ada saat ini sudah sesuai dengan aturan yang ada, serta pengaruh yang ditimbulkan terhadap kinerja pada ruas jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan pada bukaan median U-Turn di depan Rumah Sakit Tugurejo Semarang, pemilihan lokasi ini didasarkan atas jalan yang kerap mengalami kemacetan, akibat dari pengaruh U-Turn .Penelitian ini dilakukan pada jam-jam puncak yaitu pagi (06.30-08.30), siang (11.30-13.30), sore (15.30-17.30) selama tiga hari yakni pada hari rabu mewakili hari kerja, hari sabtu mewakili hari setengah kerja dan hari minggu mewakili hari libur. Dari hasil penelitian dilokasi survei diperoleh arus lalu-lintas tertinggi yaitu 6366 smp/jam dengan nilai DS : 0,958 smp/jam dengan tingkat pelayanan jalan (level of service) LOS E. Waktu memutar rata-rata kendaraan tertinggi yaitu pada hari rabu pukul (12.00-13.00) sebanyak 196 kendaraan. Kata kunci : U-Turn, kapasitas, MKJI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Jan 2018 05:23 |
Last Modified: | 23 Jan 2018 05:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9629 |
Actions (login required)
View Item |