Syah, Imam Ma’arif (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN KALISARI 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
Publikasi.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (14MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Kalisari 01, menunjukan bahwa tanggung jawab belajar siswa masih kurang terbukti dengan kurangnya ketertarikan dan rendahnya tanggung jawab siswa untuk mengikuti pembelajaran, selain itu prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh dibawah KKM.Penelitian yang dilaksanakan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division berbantuan media audio visual di kelas IV SDN Kalisari 01. Subyek penelitian ini kelas IV SDN Kalisari 01 dengan jumlah siswa 38. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.Pada siklus I tanggung jawab belajar siswa mendapatkan presentase 73,07% kriteria baik dengan jumlah siswa yang mendapatkan kategori baik dan sangat baik adalah 22 dan 16 siswa dan siklus II mendapat presentase 89,07% kriteria sangat baik dengan jumlah siswa yang mendapatkan kategori baik dan sangat baik adalah dan 5 siswa, pada siklus II pertemuan 1 mendapat presentase 86,67% kriteria baik dengan jumlah siswa yang mendapat kategori baik dan sangat baik adalah 28 dan 10 siswa. Pada prestasi belajar, siklus I memperoleh presentase klasikal 57,89% dengan rata-rata kelas 56,89, sedangkan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 89,47% dengan rata-rata kelas 77,06. Dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe student teams achievment division berbantuan media audio visual dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN Kalisari 01. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Tanggung Jawab, Model Kooperatif tipe Student Teams Achievment Division.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Jan 2018 03:56 |
Last Modified: | 23 Jan 2018 03:56 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9566 |
Actions (login required)
View Item |