PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN MUKTIHARJO LOR

Fadilah, Zazuk (2017) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN MUKTIHARJO LOR. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn melalui model kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media visual di kelas V SDN Muktiharjo Lor. Jenis penelitian ini adalah PTK sebanyak dua siklus, setiap 1 siklus ada 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VC SDN Muktiharjo Lor berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi, angket motivasi, observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I hasil evaluasi memperoleh nilai rata-rata 72 dan ketuntasan klasikal 73,00%,dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 80,23 dan ketuntasan klasikal 88,47%. Adanya peningkatan motivasi siswa yang ditunjukan dengan peningkatan motivasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I mendapatkan rata-rata 71,71 dengan presentase 74,58% dengan ketegori termotivasi. Pada siklus II mendapat rata-rata 95,08 dengan presentase 91,42% dengan kriteria sangat termotivasi. Pada kegiatan aktivitas guru pada siklus I memperoleh presentase 67,00% dengan kriteria baik, siklus II memperoleh presentase 87,50% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus I memperoleh presentase 74,00% dengan kriteria baik, siklus II memperoleh presentase 89,00% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media visual dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn siswa di kelas V SDN Muktiharjo Lor. Kata Kunci: Motivasi dan Prestasi Belajar PKn, Model Kooperatif Tipe Group Investigation dan Media Visual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:46
Last Modified: 19 Jan 2018 04:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9553

Actions (login required)

View Item View Item