EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN TAMBAKROTO

Riski, Via (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN TAMBAKROTO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKAN.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Publikasi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa secara umum masih rendah, diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. TGT merupakan tipe model pembelajaran kooperatif yang menggunakan turnamen akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi bilangan bulat pada siswa kelas IV di SD Negeri Tambakroto. Kelas sampel diberi tes dengan instrumen yang sama. Data yang diperoleh dianalisis untuk uji hipotesis yaitu uji rata-rata (uji t), uji beda rata-rata kemampuan pemecahan masalah. Hasil analisis data akhir diperoleh kesimpulan bahwa: kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran konvensional dibuktikan dengan uji beda rata-rata dengan kriteria uji: terima Ho jika − ttabel ≤ thitung ≤ ttabel karena perolehan nilai thitung = 1.06 berada pada area penolakan Ho yaitu – 2.00 ≤ thitung ≤ 2.00 maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan taraf signifikan 5% dan dk = n1 + n2 − 2. Berdasarkan hasil analisis data akhir penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas IV SDN Tambakroto. Peneliti menyarankan, dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model TGT guru harus melakukan banyak variasi terhadap tahap-tahap pembelajaran, terutama tahap games dan tornament. Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:07
Last Modified: 19 Jan 2018 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9548

Actions (login required)

View Item View Item