Riski, Via (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN TAMBAKROTO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (824kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKAN.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Publikasi.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (158kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah siswa secara umum masih rendah, diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. TGT merupakan tipe model pembelajaran kooperatif yang menggunakan turnamen akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi bilangan bulat pada siswa kelas IV di SD Negeri Tambakroto. Kelas sampel diberi tes dengan instrumen yang sama. Data yang diperoleh dianalisis untuk uji hipotesis yaitu uji rata-rata (uji t), uji beda rata-rata kemampuan pemecahan masalah. Hasil analisis data akhir diperoleh kesimpulan bahwa: kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran konvensional dibuktikan dengan uji beda rata-rata dengan kriteria uji: terima Ho jika − ttabel ≤ thitung ≤ ttabel karena perolehan nilai thitung = 1.06 berada pada area penolakan Ho yaitu – 2.00 ≤ thitung ≤ 2.00 maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan taraf signifikan 5% dan dk = n1 + n2 − 2. Berdasarkan hasil analisis data akhir penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas IV SDN Tambakroto. Peneliti menyarankan, dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model TGT guru harus melakukan banyak variasi terhadap tahap-tahap pembelajaran, terutama tahap games dan tornament. Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Kemampuan Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jan 2018 03:07 |
Last Modified: | 19 Jan 2018 03:07 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9548 |
Actions (login required)
View Item |