PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA MELALUI METODE PEMBELARAN DEMONSTRASI DI KELAS VSD ISLAM SULTAN AGUNG 3

Fajrin, Verra Veriyanti (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA MELALUI METODE PEMBELARAN DEMONSTRASI DI KELAS VSD ISLAM SULTAN AGUNG 3. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB I.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
5 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan motivasi belajar materi cerita melalui metode pembelajaran demonstrasi di kelas V SD Islam Sultan Agung 3 Semarang.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Islam Sultan Agung 3 Semarang yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data mengunakan tes evaluasi, observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menyimak siklus I memperoleh jumlah nilai 2420 dengan nilai rata-rata 71,17 dengan ketuntasan belajar 64,70%. Pada siklus II meningkat dengan jumlah nilai 2980 dengan nilai rata-rata 87,65 dengan ketuntasan belajar 97,06%. Sedangkan motivasi belajar pada siklus I memperoleh jumlah nilai 728 dengan presentase 71,37% dengan kriteria motivasi belajar baik. pada siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah nilai 889 dengan presentase 87,16% dan termaksud kriteria motivasi belajar sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan 2 siklus diatas , dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan motivasi belajar pada materi cerita di kelas V SD Islam Sultan Agung 3 Semarang. Kata kunci:Kemampuan Menyimak, Motivasi Belajar, Metode Demonstrasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:06
Last Modified: 19 Jan 2018 03:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9547

Actions (login required)

View Item View Item