PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING KELAS V SDN CURUG PURWODADI

Ma’arif, Uun (2017) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING KELAS V SDN CURUG PURWODADI. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Publikasi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Curug Purwodadi, menunjukan bahwa minat belajar siswa masih kurang terbukti dengan kurangnya ketertarikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, selain itu prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang mash banyak dibawah KKM. Penelitian yang dilaksanakan termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar IPS materi perjuangan tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas V SDN Curug Kecamatan Tegowanu Purwodadi. Subyek penelitin ini kelas V SDN Curug berjumlah 44 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Pada siklus I pertemuan 2 minat belajar siswa mendapatkan persentase 68% dengan jumlah siswa yang mendapatkan kategori baik dan sangat baik adalah 19 dan 11, sedangkan pada siklus II pertemuan 2 mendapat persentase 95% dengan jumlah siswa yang mendapat kategori baik dan sangat baik adalah 20 dan 22. Pada prestasi belajar, siklus I memperoleh persentase klasikal 68,18% dengan rata-rata kelas 73,25, sedangkan siklus II memperoleh ketntasan klasikal 86,36% dengan rata-rata 80,45. Dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Curug. Kata Kunci: Minat, Prestasi Belajar, Model Quantum Teaching

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:06
Last Modified: 19 Jan 2018 03:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9545

Actions (login required)

View Item View Item