PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA PAPAN BERPAKU KELAS III SDN BANGETAYU WETAN 02 SEMARANG

YULIANA, TITIN (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA PAPAN BERPAKU KELAS III SDN BANGETAYU WETAN 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)

Abstract

Hasil belajar matematika di SDN Bangetayu Wetan 02 masih dibawah KKM, dibuktikan dengan hasil UTS menunjukan bahwa nilai rata-rata 62,92, sedangkan KKM yang ditetapkan sekolah 66. Permasalahan lain guru masih menggunakan model tradisional yaitu ceramah, diskusi dan tanya jawab, guru enggan berinovasi menggunakan model dan metode terbaru serta jarangnya menggunakan media pembelajaran sehingga respon siswa saat proses pembelajaran berlangsung kurang terlihat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai belajar matematika, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping berbantuan media papan berpaku di kelas III SDN Bangetayu Wetan 02 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik dan alat pengumpulan data ada dua yaitu teknik tes dan nontes. Pengukuran nilai belajar matematika menggunakan postes, hasil belajar afektif didapat dari angket respon siswa, dan hasil belajar psikomotor didapat dari penugasan. Analisis data terdiri dari menganalisis instrumen soal, menghitung hasil tes, skala sikap, aktivitas guru, dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran mind mapping berbantuan media papan berpaku dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Hal ini terlihat dari presentase ketuntasan belajar nilai belajar pada siklus I sebesar 47,61% dengan rata-rata 60,35. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar 83,33% dengaan rata-rata 80,47. Hasil belajar afektif siklus I memperoleh presentase 75,52% dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,14% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar psikomotor pada siklus I memperoleh rata-rata 45,83 dengan ketuntasan belajarnya 19,04%, pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 78,69 dan ketuntasan belajarnya 80,95%. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaram Mind Mapping, Media Papan Berpaku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:06
Last Modified: 19 Jan 2018 03:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9538

Actions (login required)

View Item View Item