PENINGKATAN MINAT MEMBACA DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS IV SDN 3 KARANGSONO

Maulana, Sri (2017) PENINGKATAN MINAT MEMBACA DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS IV SDN 3 KARANGSONO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi bentuk aktivitas ekonomi kelas IV SDN 3 Karangsono Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian tindakan ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdapat dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar angket minat membaca siswa, lembar tes prestasi belajar, lembar aktivitas guru dan siswa. Sementara itu analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis, angket minat membaca, dan analisis asil prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan minat membaca dan prestasi belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket minat membaca siklus I memperoleh persentase 40% termasuk kategoricukup. Pada siklus II minat membaca siswa meningkat dengan persentase 88% dengan kriteria minat membaca sangat baik. Sedangkan untuk prestasi beajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Prestasi belajar siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,32 dengan ketuntasan belajar 76%. Siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan belajar siswa 92%. Kata kunci : Minat Membaca, Prestasi Belajar, IPS, Cooperative Script, Aktivitas ekonomi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:06
Last Modified: 19 Jan 2018 03:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9535

Actions (login required)

View Item View Item