PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA PAUCAN KELAS VI A SDN BANGETAYU WETAN 02

Khanif, Saadatul (2017) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA PAUCAN KELAS VI A SDN BANGETAYU WETAN 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah: Untuk meningkatkan kemandirian dan pemahaman konsep belajar matematika melalui model pembelajaran NHT Number Head Together (NHT) berbantuan media PAUCAN kelas VI ASDN Bangetayu Wetan 02 kecamatan Genuk, kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, plaksanaan tindakan,observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI A SDN Bangetayu Wetan O2 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi, angket dan tes. Adanya peningkatan kemandirian belajar siswa di tunjukan dengan peningkatan aspek minat belajar dalam kemandirian dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 51,5% dengan kriteria cukup mandiri. Pada siklus II diperoleh rata-rata 83,6% dengan kriteria kemandirian baik. Adanya peningkatan pemahaman konsep belajar siswa yang ditunjukan dengan peningkatan pemahaman konsep belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan belajar 72%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar 93,9%. Hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Number Head Together(NHT) berbantuan media PAUCAN dapat meningkatkan kemandirian dan pemahaman konsep belajar di kelas VI A SDN Bangetayu Wetan 02 kecamatan Genuk kabupaten Semarang. Kata Kunci: Kemandirian, Pemahaman Konsep Belajar, Model Pembelajran Number Head Together(NHT), Media PAUCAN

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:05
Last Modified: 19 Jan 2018 03:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9530

Actions (login required)

View Item View Item