THE EFFECTIVENESS OF CONSTRUCTIVISM LEARNING METHOD TO TEACH READING COMPREHENSION ON NARRATIVE TEXTS (An Experimental Research in the Eleventh Grade Students of SMA Negeri 1 Karangtengah Demak in the Academic Year of 2014-2015 )

Listyowati, Yuni (2015) THE EFFECTIVENESS OF CONSTRUCTIVISM LEARNING METHOD TO TEACH READING COMPREHENSION ON NARRATIVE TEXTS (An Experimental Research in the Eleventh Grade Students of SMA Negeri 1 Karangtengah Demak in the Academic Year of 2014-2015 ). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1daftar isi.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Listyowati, Yuni. 182100305. Efektifitas Metode Pembelajaran Konstruktivisme untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa (Kasus Kelas XI di SMA Negeri Karangtengah Demak Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing: Benny Krisbiantoro, SPd., M.Pd Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan keefektifan dari pendekatan konstraktivisme dalam peningkatan pemahaman siswa membaca siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Karangtengah Demak tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini dibatasi hanya pada teks naratif dalam penggunaan pendekatan konstruktivismeuntuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Populasi dari penelitian ini adalah kelas 8 SMA Negeri 1 Karangtengah Demak tahun ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini penulis menggunakan desain eksperimen semu. Jumlah dari sampel adalah 66 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelas XI IPA1 sebagai control group dan XI IPA2 sebagai experimental group. Instrumen penelitian ini adalah tes. Jenis tesnya adalah pilihan ganda. Empat langkah telah dilakukan dalam pelaksanaan penelitian. Pertama, tryout diberikan di kelas XI IPA3 untuk menguji validitas dan reliability dari pertanyaan yang akan diberikan dalam pre-test. Kedua, pre-test diberikan di control group dan experimental group. Ketiga, treatment diberikan di experimental group. Experimental group diajar text narratif dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme sedangkan control group diajar dengan metode konvensional. Langkah terakhir adalah post-test. Post test di berikan kepada kedua kelompok. Setelah mendapatkan hasil, penelitian menggunakan program SPSS 16 untuk menganalisis data. Hasil dari data menunjukkan nilai rata-rata pre-test control group adalah 66.27 dan experimental group 67.27. sedangkan dalam post test terdapat perbedaan rata-rata. Hasil data menunjukkan nilai rata-rata post test control group 73.03 dan experimental group 78.48. Data tersebut didukung dengan hasi T-test yang menunjukkan sig (2-tailed) 0.00 < 0.05. hal itu berarti ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil test akhir dari control group yang diajar dengan metode konvensional dan experimental group yang diajar dengan pendekatan konstraktivisme. Kata Kunci: Membaca, Pendekatan Konstruktivisme

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 04:37
Last Modified: 26 Aug 2015 04:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item