PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN PRAMPELAN SAYUNG DEMAK

Alfiyani, Primanita (2017) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN PRAMPELAN SAYUNG DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)

Abstract

IPA merupakan suatu ilmu teoritis, tetapi teori-teori tersebut didasarkan atas pengamatan, percobaan-percobaan terhadap gejala-gejala alam. Berdasarkan observasi awal di kelas V A SDN Prampelan Sayung Demak ditemukan permasalah dalam pembelajaran IPA yang meliputi minat dan prestasi belajar IPA. Berdasarkan observasi awal, masih banyak siswa yang nilainya belum mencapai KKM yaitu 68. Dari 23 siswa hanya 4 siswa atau 22,73% yang mendapat nilai diatas KKM sedangkan 19 siswa atau 77,27% dibawah KKM. Dari kondisi tersebut, perlu diadakan perbaikan melalui model pembelajaran Think Pair Share. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah minat belajar IPA dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas V SDN Prampelan Sayung Demak? (2) Apakah prestasi belajar IPA dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas V SDN Prampelan Sayung Demak? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat dan prestasi belajar IPA melalui model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas V SDN Prampelan Sayung Demak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Prampelan Sayung Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa siklus I mendapatkan jumlah skor 1016 dengan presentase 73,62% dan termasuk pada kriteria minat cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan jumlah skor 1178 dengan presentase 85,36% dan termasuk pada kriteria siswa sangat baik. Sedangkan prestasi belajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Prestasi belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 71,87% dengan presentase ketuntasan belajar 72,30% kemudian pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 82,04% dengan ketuntasan belajar 95,76%. Prestasi belajar siswa sudah memehuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan SDN Prampelan Sayung Demak yaitu 68. Kata kunci : minat, prestasi belajar, model pembelajaran Think Pair Share

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2018 01:34
Last Modified: 17 Jan 2018 01:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9449

Actions (login required)

View Item View Item