Kuswari, Niken (2017) PENINGKATAN KEJUJURAN DAN KETRAMPILAN BERBICARA MELALUI GAMBAR CERITA PADA SISWA MELALUI MODEL THINK TALK WRITE KELAS V SDN 03 KALISARI. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi pengamatan awal di kelas Vc SDN Kalisari 03 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, ditemukan masalah dalam mata pelajaranBahasa Indonesia khususnya ketrampilan berbicara. Banyak siswa yang belum memenuhi KKM sesuai indikator keberhasilan. Dikarenakan saat pembelajaran di kelas sebagian besar masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa merasa cepat bosan dan monoton pada proses pembelajaran sehingga siswa sering tidak memperhatikan guru didepan dan terbiasa tergantung pada jawaban teman saat ulangan berlangsung. Maka perlu adanya usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kejujuran siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model Think Talk Writekelas Vc SDN Kalisari 03, meningkatkan ketrampilan berbicara siswa mata pelajaran Bahasa Indonesiamelalui model pembelajaran yang inovatif yaitu model Think Talk Writekelas Vc SDN 03 Kalisari. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas Vc SDN 03 Kalisari. Teknik pengumpulan data sendiri menggunakan tes lisan, observasi, dan angket. Hasil penelitian siklus I menunjukan bahwa kejujuran siswa mendapatkan presentase 57,78% dengan kriteria kejujuran cukup. Pada siklus 2 terdapat peningkatan yaitu dengan presentase 81,90% dengan kriteria sangat jujur.Hal ini juga terjadi adanya peningkatan aktivitas siswa yang ditunjukkan pada siklus I dengan presentase 60,50% dengan kriteria cukup sedangkan pada siklus 2 terdapat peningkatan aktifitas siswa dengan presentase 85,41 dengan kriteria sangat baik.Begitu pula, pada ketrampilan berbicara siklus I ke siklus 2 mengalami peningkatan. Pada siklus 1 dengan presentase ketrampilan berbicara siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan belajar 67,5%. Pada siklus II, diperoleh presentase ketuntasan belajar 88,5 % dari jumlah seluruh siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model Think Talk Writedapat meningkatkan kejujuran siswa, aktivitas siswa dan ketrampilan berbicara siswa di kelas Vc SDN Kalisari 03. Saran dari peneliti, diharapkan guru dapat menggunakan media visual yang lebih menarik sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan tidak bosan saat pembelajaran berlangsung. Kata Kunci : Kejujuran, Ketrampiln berbicara, Model Pembelajaran Think Talk Write
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2018 01:33 |
Last Modified: | 17 Jan 2018 01:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9438 |
Actions (login required)
View Item |