Muna, Naela (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTRGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDI DARUL FALAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2_ABSTRAK.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
3_DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
1_COVER.pdf Download (906kB) | Preview |
|
|
Text
4_BAB I.pdf Download (117kB) | Preview |
|
Text
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
Text
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
||
Text
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
|
Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca dan prestasi belajar bahasa Indonesia kelas V di SDI Darul Falah Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan pada dua pertemuan, satu pertemuan dengan pada kelas eksperimen dan satu pertemuan pada kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A dan siswa kelas V B SDI Darul Falah Semarang yang berjumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa dengan menggunakan soal evaluasi di setiap akhir proses pembelajaran. Sedangkan teknik non tes terdiri dari lembar observasi digunakan untuk mengukur keterampilan membaca siswa dan proses pembelajaran dalam model CIRC. Hasil penelitian menunjukkan untuk hipotesis pertama yaitu tentang pengaruh keterampilan membaca terhadap proses pembelajaran dalam model CIRC dengan hasil korelasi sebesar Y: 44.965. Pada hipotesis kedua yaitu membandingkan keterampilan membaca antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji t test dan diperoleh hasil t hitung = 7.853 dan signifikan sebesar 0,000. Sedangkan pada hipotesis ketiga yaitu membandingkan prestasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji t test dan diperoleh t hitung = 3.772 dan signifikan sebesar 0,000. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC berpengaruh terhadap keterampilan membaca dan prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V di SDI Darul Falah Semarang. Kata kunci: Keterampilan membaca, prestasi belajar dan model pembelajaran CIRC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2018 01:33 |
Last Modified: | 17 Jan 2018 01:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9435 |
Actions (login required)
View Item |