Utami, Merien Sari (2017) PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SD ISLAM SULTAN AGUNG 4. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran Explicit Instruction berbantuan media visual di kelas V SD Islam Sultan Agung 4. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kerja keras dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh persentase dengan ketuntasan klasikal 73,68% dan pada siklus I kriteria kerja keras siswa belum memenuhi indikator pencapaian. Pada siklus II meningkat mencapai kriteria kerja keras sangat baik dengan persentase klasikal 94,73%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 70 dengan persentase ketuntasan kelas 73%, meningkat ke siklus II dengan nilai rata-rata 82 dan persentase ketuntasan kelas 89%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Explicit Instruction dengan berbantuan media visual dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar PKn kelas V SD Islam Sultan Agung 4. Kata Kunci: Kerja Keras, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Explicit Instruction
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2018 01:33 |
Last Modified: | 17 Jan 2018 01:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9426 |
Actions (login required)
View Item |