THE EFFECTIVENESS OF VOA AS TEACHING MEDIA TO IMPROVE STUDENTS'ABILITY IN WRITING NEWS ITEM TEXT (A Case of Tenth Graders of SMA Al Maárif Demak in Academic Year 2014/2015)

PUTRA, NOVI LUKMANA (2015) THE EFFECTIVENESS OF VOA AS TEACHING MEDIA TO IMPROVE STUDENTS'ABILITY IN WRITING NEWS ITEM TEXT (A Case of Tenth Graders of SMA Al Maárif Demak in Academic Year 2014/2015). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Novi Lukmana Putra_182100279_1abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Novi Lukmana Putra_182100279_1cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Novi Lukmana Putra_182100279_1daftar isi.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Putra, Novi Lukmana. 2014. “The Effectiveness of VOA as Teaching Media to Improve Students’ Ability in Writing News Item Text (A Case of Tenth Grade of SMA Al - Ma’arif Demak of The Academic Year 2014/2015)”. The advisor: Hartono, S.S., M.Pd. A Final Project, English Education Department, Sultan Agung Islamic University, 2014. Penelitian ini tentang pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan video pada VOA ( Voice of America , dengan siswa kelas X SMA Al Ma'arif Demak . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menggunakan VOA video sebagai media pembelajaran efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berita. Penelitian ini termasuk penelitian quasy eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al Ma'arif Demak pada tahun akademik 2014/2015. Penulis menggunakan teknik purposive sampling dan dua kelas diambil sebagai sampel, mereka adalah X-1 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan X-2 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes tertulis yang terdiri atas pre-test dan post-tes. Sebelum penelitian dilakukan, pretest diberikan kepada kedua kelompok. Post-test diberikan setelah pembelajaran. Kemudian data dari dua tes diberi skor dan penulis menggunakan SPSS for windows versi 16.00 untuk menganalisis hasil pre-test dan post-test. Hasil uji t menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen dalam pre-test adalah 47,17 dan rata-rata kelas kontrol adalah 47,9. Setelah melakukan percobaan , penulis memberikan post-test. Rata- rata post-test kelas eksperimen adalah 70,67 dan kelas kontrol adalah 59,9. Berdasarkan hasil perhitungan uji t, t hitung lebih tinggi dari t-tabel ( 9,410 > 2.000 ) . Kemudian Sig. ( 2 - tailed ) = 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara dua cara. Jadi disimpulkan bahwa Ha diterima. Dan itu membuktikan bahwa VOA dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berita. Kata kunci : VOA, News Item Text, Student’s Ability in Writing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 04:09
Last Modified: 26 Aug 2015 04:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/941

Actions (login required)

View Item View Item