PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PMRI BERBANTUAN MEDIA GEOKOLASE DI KELAS V SD NEGERI BANGETAYU WETAN 02

Riasari, Indah Ika (2017) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PMRI BERBANTUAN MEDIA GEOKOLASE DI KELAS V SD NEGERI BANGETAYU WETAN 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika melalui model PMRI berbantuan media geokolase di kelas V SD Negeri Bangetayu Wetan 02. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VC SD Negeri Bangetayu Wetan 02 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adanya peningkatakan kemandirian belajar siswa dapat dilihat dari presentase rata-rata setiap siklus. Pada siklus I sebesar 71% dengan kategori baik dan pada siklus II naik menjadi 86% dengan kategori sangat baik. Selain itu adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dapat dilihat dari presentase ketuntasan belajarnya, yaitu pada siklus I sebesar 56% dan pada silklus II naik menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil penelitin diatas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PMRI berbantuan media geokolase dapay meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika di kelas VC SD Negeri Bangetayu Wetan 02. Kata kunci : Kemandirian belajar. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran PMRI berbantuan media geokolase

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2018 01:32
Last Modified: 17 Jan 2018 01:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9406

Actions (login required)

View Item View Item