PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN JAWA TENGAH DALAM MENANGANI MALADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU 2017 DI JAWA TENGAH)

Ardli, Mohammad Rijal (2017) PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN JAWA TENGAH DALAM MENANGANI MALADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU 2017 DI JAWA TENGAH). Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
5 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Pemerintahan yang bersih dan efektif merupakan keinginan setiap warga negara. Di samping tuntutan menjadi bersih dan efektif Pemerintah juga dituntut untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, namun pada kenyataannya penyelenggaraan pelayanan publik masih banyak ditemui kekurangan dan kecurangan. Dari hal tersebut, Ombudsman sangat di butuhkan peran aktifnya dalam membersihkan maladministrasi terkhusus pungli dan praktik kotor pelayan publik. Maka Atas dasar tersebut peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang “Peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah dalam Menangani Maladministrasi Pelayanan Publik (Studi Kasus Penerimaan Peserta Didik Baru 2017 di Jawa Tengah)”, dengan mengangkat permasalahan mengenai peran Ombudsman Jawa Tengah, Hambatan yang dialami, serta solusi dalam menangani permasalahan yang dialaminya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif analisis. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan penelitian langsung di Ombudsman Jawa Tengah. Dengan sumber datanya berasal dari data primer dan data skunder, dan analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan studi dokumen. Penelitian ini melakukan wawancara di Kantor Ombudsman Jawa Tengah. Dari penelitian ini didapat bahwa Ombudsman berperan sebagai penerima laporan serta melakukan investigasi terhadap terlapor, selanjutnya menindaklanjuti laporan tersebut kemudian melakukan monitoring. Dalam melakukan penanganan permasalahan tersebut masalah sumber daya manusia dan dana operasional ada hambatan yang dialami oleh Ombudsman, dengan itu Ombudsman mengurangi investigasi secara langsung kelapangan sebagai solusi dari hambatan yang dialami. Dengan ini diharapkan dari pihak-pihak terkait dapat meningkatkan pelayan terhadap masyarakat guna penerapan Undang-undang Pelayanan Publik. Kata Kunci: Ombudsman, Pelayanan Publik, Maladministrasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2018 01:31
Last Modified: 17 Jan 2018 01:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9402

Actions (login required)

View Item View Item