Muzdalifah, Eva (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN DOMBO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text
5. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
||
Text
8. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
||
Text
6. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
||
Text
7. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
||
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (328kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual di kelas IV SDN Dombo. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Dombo yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa yang ditunjukan dalam setiap siklusnya. Hasil belajar dibagi menjadi tiga yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil belajar ranah kognitif pada nilai belajar siswa siklus I diperoleh 68,33 dan ketuntasan belajar klasikal 66,67%, pada siklus II nilai belajar diperoleh rata-rata 80,41 dan ketuntasan belajar klasikal 87,5%. Hasil ranah afektif pada siklus I diperoleh rata-rata 3 dengan kriteria baik dan siklus II 3,7 dengan kriteria sangat baik. Skor penilaian individual siswa sudah mencapai ketuntasan klasikal 91,67% dengan kriteria sangat baik. Hasil ranah psikomotor pada ketrampilan motorik siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 2,43 dengan kriteria cukup dan siklus II diperoleh rata-rata 3,29 dengan kriteria sangat baik. Skor penilaian individual siswa sudah mencapai 100% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA dikelas IV SD N Dombo. Kata Kunci : Hasil belajar, model pembelajaran Problem Based Learning, Media audio visual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 07:16 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 07:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9375 |
Actions (login required)
View Item |