Rini, Dyah Puspita (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN AUDIOVISUAL KELAS IV SD NEGERI 1 KALISARI. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
1.COVER.pdf Download (769kB) | Preview |
|
|
Text
3.DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB I.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text
5.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
Text
6.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
||
Text
8.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) | Preview |
|
Text
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pembahasan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalisari yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi,dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan Tanggung jawab siswa yang ditujukan dengan peningkatan indikator tanggung jawab siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan pertama memperoleh skor sebanyak 1031 dengan presentase 60,29% dan pada pertemuan ke dua memperoleh skor 1121 dengan presentase 66,72% dengan kriteria tanggung jawab siswa baik. Pada siklus ke II pertemuan pertama memperoleh skor sebanyak 1314 dengan presentase 78,21% dan pertemuan kedua 1455 dengan presentase 86,60% dengan kriteria tanggung jawab siswa sangat baik. Adanya peningkatan Nilai Belajar pada setiap siklus. Pada siklus I dengan nilai rata – rata 68,1 dan presentase ketuntasan 53% Pada siklus II dengan nilai rata – rata 79 dan presentase ketuntasan 86,6% . Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Make a Match berbantuan Audiovisual dapat meningkatkan tanggung jawab dan nilai belajar IPA dikelas IV SD Negeri 1 Kalisari. Kata kunci :Tanggung jawab, Nilai belajar, Make a Match
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 07:16 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 07:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9365 |
Actions (login required)
View Item |