Lestari, Dwi (2017) PENGARUH SIKAP MANDIRI DALAM PEMBELAJARAN MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V SDI DARUL FALAH. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (847kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
3. DAFTAR-ISI.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (341kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap mandiri dalam pembelajaran model snowball throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDI Darul Falah tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 49 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel purposive, yaitu siswa kelas VA sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas VB sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data dengan mengunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Pre-Eksperimental Desaign yaitu Intac-Group Comparison. Analisis data menggunakan Uji Normalitas data, Uji Homogenitas , Uji Regresi dan Uji independent sample t-test Semua penghitungan tersebut diolah menggunakan program SPSS versi 16. Berdasarkan uji Regresi yaitu Fhitung = 8,636 dengan signifikansi < 0,05; (0,008 < 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa sikap mandiri dalam pembelajaran model snowball throwing berpengaruh secara positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Untuk bentuk persamaan garis regresi Y ̂= -9,998 + 1,207x dapat disimpulkan bahwa semakin baik dan tinggi sikap mandiri dalam model snowball throwing secara korelatif dan positif juga akan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematikanya. Untuk independent sample t-test thitung > ttabel yaitu nilai thitung =2,847 dan nilai ttabel =2,079, maka 2,847 >2,079. Nilai signifikansi bernilai < 0,05 yaitu sebesar 0,007. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara kelompok yang menerapkan model pembelajaran snowball throwing dengan yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Hasil tersebut membuktikan adanya perbedaan yang signifikan dan pembelajaran yang lebih baik antara pembelajaran yang menerapkan model snowball throwing dibandingkan dengan yang pembelajaran yang menerapkan model konvensional. Kata Kunci: Sikap mandiri dalam pembelajaran model snowball throwing, kemampuan pemecahan masalah matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 07:16 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 07:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9364 |
Actions (login required)
View Item |