PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN PENGALAMAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS V SD NEGERI PRAMPELAN

Afdiliyasari, Dwi (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN PENGALAMAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS V SD NEGERI PRAMPELAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman melalui metode pembelajaran brainstorming dan media gambar seri di kelas V SD Negeri Prampelan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Prampelan yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Adanya peningkatan keterampilan menulis karangan ditunjukkan dengan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pada setiap siklusnya. Data tes di analisis dengan menggunakan unjuk kerja yang diberikan dalam pelaksanaan setiap akhir siklus. Lembar unjuk kerja digunakan untuk mengukur peningkatan keterampilan menulis. Hasil yang di capai dalam penelitian ini tentang peningkatan keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman siklus I mendapatkan rata-rata 71,8% dengan ketuntasan klasikal 52% dan untuk siklus II mengalami peningkatan rata-rata 84,2% dengan ketuntasan klasikal 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman di kelas V SD Negeri Prampelan. Kata Kunci : Keterampilan Menulis Karangan, Metode Pembelajaran Brainstorming, dan Gambar Seri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2018 05:50
Last Modified: 15 Jan 2018 05:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9360

Actions (login required)

View Item View Item