PENINGKATAN DISIPLIN DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PEMBERDAYAAN MEDIA ALAM KELAS V SDN TAMBAKROTO

Cahyani, Diyah Mugi (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PEMBERDAYAAN MEDIA ALAM KELAS V SDN TAMBAKROTO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan disiplin dan nilai belajar IPA melalui model pembelajaran inkuiri dengan pemberdayaan media alam kelas V SDN Tambakroto Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Tambakroto yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes pilihan ganda. Adapun peningkatan disiplin siswa yang ditunjukkan dalam setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan 1 diperoleh skor 1251 dengan presentase 59,57% dengan kriteria cukup disiplin, pada pertemuan 2 diperoleh skor 1404 dengan presentase 66,85% dengan kriteria disiplin baik. pada siklus II pertemuan 1 diperoleh skor 1640 dengan presentase 78,09% dengan kriteria disiplin baik. pada pertemuan 2 diperoleh skor 1826 dengan presentase 86,95% dengan kriteria sangat disiplin. Adapun peningkatan nilai belajar siswa yang ditunjukkan dalam setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai pretest dengan rata-rata 62,33 dengan presentase ketuntasan 46,67% dengan kriteria kurang. Pada pertemuan kedua diperoleh nilai posttest dengan rata-rata 75 dengan presentase ketuntasan 66,67% dengan kriteria baik. Uji gain pada siklus I mencapai jumlah 0,336 dengan kriteria sedang. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh nilai pretest dengan rata-rata72,83 dengan presentase ketuntasan 76,67% dengan kriteria baik. Pada pertemuan kedua diperoleh nilai rata-rata 87,5 dengan presentase ketuntasan 86,67% dengan kriteria sangat baik. Uji gain pada siklus II mencapai jumlah 0,539 dengan kriteria sedang. Dari hasil uji gain pada siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan 0,203. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan disiplin dan nilai belajar IPA kelas VA SDN Tambakroto. Kata kunci: Disiplin, Nilai Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2018 05:50
Last Modified: 15 Jan 2018 05:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9358

Actions (login required)

View Item View Item