PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Chasanah, Zaimatul (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1COVER.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Zaimatul Chasanah, 152111705, 2015 “Pengaruh Metode Pembelajaran aktif Terhadap Motivasi Belajar PAI Peserta Didik di SMP Negeri 2 Demak” Program Studi Pendidikan Agama Islam,Fakultas Agama Islam, Unuversitas Islam Sultan Agung Semarang. Dosen Pembimbing : Drs. M. Muhtar Arifin Sholeh, M.Lib. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengetahui bagaimana metode pembelajaran aktif yang diterapkan di SMP Negeri 2 Demak, serta untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakansebagai acuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan metode pembelajaran aktif untuk memotivasi peserta didik dalam belajar PAI di SMP negeri 2 Demak. penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah peserta didik di SMP Negeri 2 Demak. Dalam penelitian ini data primer diperoleh dari wawancara guru PAI dan membagikan angket kepada 30 peserta didik kelas VIIIC yang menjadi sampel penelitian di SMP negeri 2 Demak.Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, Kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tujuan metode pembelajaran aktif adalah agar peserta didik termotivasi untuk belajar PAI sehingga prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI meningkat dan mempunyai pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai PAI dan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. (2) pendidik/guru PAI merupakan faktor yang penting untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan metode pembelajaran yang digunakan. (3) peserta didik di SMP Negeri 2 Demak mayoritas peserta didiknya aktif dan peserta didik dibimbing untuk selalu mengaplikasikan nilai-nilai agama di sekolah. Kata kunci: metode pembelajaran, Pendidik/guru, peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 03:10
Last Modified: 26 Aug 2015 03:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item View Item