PENGARUH AKTIVITAS MENGIKUTI KAJIAN KEISLAMAN (KOKURIKULER) TERHADAP SIKAP BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PURWODADI TAHUN AKADEMIK 2014/2015

LESTARI, UMI (2015) PENGARUH AKTIVITAS MENGIKUTI KAJIAN KEISLAMAN (KOKURIKULER) TERHADAP SIKAP BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PURWODADI TAHUN AKADEMIK 2014/2015. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Judul skripsi: “Pengaruh Aktivitas Mengikuti Kajian KeIslaman (kokurikuler) terhadap Sikap Beragama Peserta Didik di SMA Negeri 1 Purwodadi Tahun Akademik 2014/2015”. Sebagai masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan kajian keIslaman dan sikap beragama peserta didik di SMAN 1 Purwodadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan kajian keIslaman dan sikap beragama peserta didik di SMAN 1 Purwodadi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Fokus penelitian ini adalah: Pengaruh Aktivitas Mengikuti Kajian KeIslaman (kokurikuler) terhadap Sikap Beragama Peserta Didik di SMAN 1 Purwodadi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: skala sikap, wawancara serta dokumentasi dan sebagai teknik analisis data penelitian ini melalui rumus korelasi Pearson Product Moment Correlation (PPMC). Pada aktivitas mengikuti kajian keIslaman peserta didik banyak sekali di ajarkan tentang materi-materi Aqidah Islam, konsep Islam, konsep iman, pembinaan ruhani, makna dan hakekat ukhuwah Islamiyah dan urgensi pendidikan Islam, sehingga peserta didik mendapatkan pengetahuan tentang masalah-masalah keagamaan. Banyaknya informasi-informasi keagamaan yang diperoleh dari aktivitas mengikuti kajian keIslaman maka perilaku keagamaan peserta didik sesuai ajaran-ajaran Islam, aktivitas mengikuti kajian keIslaman merupakan salah satu cara untuk memperdalam ilmu Islam selain mengikuti pelajaran PAI di sekolah. Karena kajian keIslaman ini mempunyai hubungan yang erat dan melengkapi kekurangan materi PAI di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan akhir dengan menggunakan analisis rumus korelasi Pearson Product Moment Correlation PPMC diperoleh hasil koefisien r0= 0,327. Sedangkan koefisien korelasi pada tabel rt dengan taraf signifikansi 5% adalah 0,312. Hal ini berarti signifikan, karena koefisien korelasi hitung lebih besar dari pada koefisien korelasi tabel pada taraf signifikansi 5%. Sehingga hipotesis alternatif (H1) yang diajukan penulis diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya ada korelasi yang positif dan signifikan antara aktivitas mengikuti kajian keIslaman dan sikap beragama peserta didik di SMAN 1 Purwodadi. Jadi Aktivitas mengikuti kajian keIslaman memberikan kontribusi sebesar 11% pada sikap beragama Peserta Didik dan yang 89% sikap beragama Peserta Didik dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Aktivitas Mengikuti Kajian KeIslaman, Sikap Beragama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 02:33
Last Modified: 26 Aug 2015 02:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item