PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, KINERJA LINGKUNGAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA PERUSAHAAN YANG MASUK PERHITUNGAN JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2013-2015

Rifai, Avicena Yusuf (2017) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, KINERJA LINGKUNGAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA PERUSAHAAN YANG MASUK PERHITUNGAN JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2013-2015. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Image
Persetujuan Publikasi.jpg

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Islamic Social Reporting (ISR) merupakan tolak ukur pelaksanaan tanggung jawab sosial entitas syariah yang berisi item-item yang dikemukakan oleh Haniffa (2002) dan dimodifikasi oleh Othman et al (2009) dengan menambahkan satu tema, yang sebelumnya berjumlah 5 menjadi 6 setelah modifikasi, dan pada penelitian ini berisi 38 item. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2013 sampai dengan tahun 2015, yang mengeluarkan laporan tahunan (Annual Report) yang kemudian disesuaikan dengan indeks ISR, juga perusahaan yang terdaftar dalam laporan PROPER dari KemenLH, dengan rincian kriteria sampel yakni (1) perusahaan yang kontinyu dalam 1 tahun di JII dan (2) perusahaan yang mengikuti program KemenLH yaitu PROPER. Jadi total sampel pada penelitian ini ada 35 perusahaan (2013-2015), dengan variabel dependen Islamic Social Reporting dan variabel independennya yakni, ukuran perusahaan, profitabilitas, kinerja lingkungan, dan leverage. Berdasarkan hasil pengujian statistik, variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, kinerja lingkungan, dan leverage dapat berkontribusi menjelaskan variabel Islamic Social Reporting sebesar 33,8%, sedangkan sisanya sebesar 66,2% dapat dijelaskan oleh variabel lain. Hasil hipotesis ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan ISR, profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan ISR, sedangkan kinerja lingkungan berpengaruh signifikan negatif dan leverage berpengaruh signifikan negatif terhadap pengungkapan ISR. Kata Kunci: Islamic Social Reporting, ukuran perusahaan, profitabilitas, kinerja lingkungan, leverage, Jakarta Islamic Index.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2018 01:49
Last Modified: 05 Jan 2018 01:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9053

Actions (login required)

View Item View Item