MINAT PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (STUDI KASUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM NGEMPLAK MRANGGEN DEMAK TAHUN 2014/2015)

AMRI, SYAIFUL (2015) MINAT PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (STUDI KASUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM NGEMPLAK MRANGGEN DEMAK TAHUN 2014/2015). Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
skripsi_1ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi_1COVER.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi_1DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Syaiful Amri, Minat Peserta didik Terhadap Pembelajaran Al-Qur‟an (Studi Kasus Peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Ngemplak Mrangen Demak Tahun 2014/2015). Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Dosen pembimbing drs. Ahmad Rohani, HM, M.Pd. Kata Kunci : Minat, Pembelajaran al-Qur’an Dalam penelitian ini, penulis mengambil rumusan masalah “Bagaimana minat peserta didik terhadap pembelajaran al -Qur‟an (studi kasus peserta didik di MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak tahun 2014/2015).” Adapun tujuannya adalah Untuk mendeskripsikan minat peserta didik terhadap pembelajaran al-Qur‟an (studi kasus peserta didik di MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak tahun 2014/2015). Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan bentuk deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak yang berjumlah 464 siswa. Tehnik pengambilan sampel adalah tehnik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan satu variable yaitu minat peserta didik terhadap pembelajaran al-qur‟an. Indikator minat yang penulis maksud adalah penerimaan yang meliputi kesadaran, keinginan menerima, perhatian terkontrol, Reaksi, meliputi: persetujuan, keinginan merespon, kepuasan merespon, serta penilaian, meliputi: menerima nilai, memilih nilai. Data penelitian diperoleh melalui skala likert, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus kai kuadarat satu jalur. Minat merupakan kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Dalam hal ini adalah minat peserta didik terhadap pembelajaran al-Qur‟an. Pembelajaran al-Qur‟an adalah suatu proses kegiatan yang memungkinkan guru dapat mengajarkan al-Qur‟an dan siswa menerima materi pelajaran al Qur‟an secara sistematis dan saling memberikan pengaruh dalam kegi atan belajar mengajar untuk mencapai sebuah tujuan yang diinginkan. Dalam penelitian ini penulis mengambil hipotesis “Adanya minat peserta didik yang tinggi terhadap pembelajaran al-Qur‟an”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya minat peserta didik yang tinggi terhadap pembelajaran al-Qur‟an di MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak tahun 2014/2015. Hal ini dapat dilihat berdasarkan analisis kai kuadrat satu jalur pada taraf signifikansi 5% adalah 7,81. Sedangkan nilai harga kai kuadrat satu jalur adalah 10,4. Jadi, Ho ditolak, H diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 02:33
Last Modified: 26 Aug 2015 02:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item