Juwaini, Muhammad (2017) THE IMPACTS OF POPULAR CULTURE IN CREATING AMERICAN HEGEMONY REFLECTED IN ARGO FILM. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi UNISSULA.
|
Text
1. COVER.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (117kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menganalisa hegemoni Amerika dan budaya populer yang ada pada film Argo. Untuk membantu dalam proses analisa data, penelitian ini menggunakan teori budaya popular dan teori hegemoni. Selain itu, tujuan utama penelitian ini adalah untuk menemukan jenis-jenis hegemoni Amerika yang ada dalam film Argo dan dampak-dampak hegemoni Amerika melalui budaya popularnya yang ada pada film Argo. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif sebagai acuan dalam penyusunan penelitian dan film Argo tahun 2012 sebagai sumber utamanya. Data-data yang terpilih kemudian dianalisa menggunakan teknik deskriptif. Artinya, merespon beberapa tulisan berupa monolog, dialog dan arahan sutradara dengan menggunkan pernyataan-pernyataan sesuai teori. Pengumpulan data diambil melalui beberapa cara seperti menonton film, mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, dan mengurangi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat hegemoni Amerika dalam film Argo. Yang pertama adalah orang-orang elite atau golongan atas. Kedua, hegemoni Amerika dalam bidang ekonomi. Ketiga, hegemoni Amerika dalam kekuatan militer dan pengamanan Negara. Kemudian yang keempat, hegemoni budaya Amerika contohnya film dan media massa. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa hegemoni budaya populer dapat digunakan sebagai pendekatan persuasif atau soft power untuk menyelesaikan sebuah konflik, baik itu konflik dalam negeri maupun konflik internasional melalui enam poin karakteristik dari budaya populer tersebut diantaranya disukai banyak orang, keuntungan, diproduksi masal, ditulis atau dikirim melalui media cetak ataupun siaran, bersifat sementara dan bukan suatu konsep yang serius seperti yang ada pada film Argo. Kata Kunci: hegemoni amerika, popular culture, film, media masa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Sastra Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Jan 2018 01:47 |
Last Modified: | 05 Jan 2018 01:47 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9011 |
Actions (login required)
View Item |