PENGARUH TERPAAN AKUN INSTAGRAM @AWKARIN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DAN KENAKALAN REMAJA DI SMA N 1 SEMARANG

Wicaksana, Kevin Satria (2017) PENGARUH TERPAAN AKUN INSTAGRAM @AWKARIN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DAN KENAKALAN REMAJA DI SMA N 1 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

Instagram merupakan sebuah aplikasi untuk berbagi foto atau video kepada pengguna lainnya, yang dapat di lihat oleh Followers dan dapat saling memberikan komentar antar sesama. Postingan pada akun instagram @awkarin sedang menjadi perbincangan karena dianggap berlebihan dan tidak patut dicontoh oleh para remaja. Akun instagram @awkarin sempat ditegur oleh KPAI terkait postingannya yang tidak layak, seperti berpakaian yang terlalu terbuka, memamerkan aktifitas merokok, minum ber akohol dan berbelanja secara berlebihan. Yang bisa menyebabkan perilaku konsumtif dan kenakalan remaja. Oleh karena itu tujan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan akun instagram @awkarin terhadap perilaku konsumtif dan kenakalan remaja. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif, dengan menggunakan paradigma positivisme, populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Semarang berjumlah 1,013 siswa, dengan sampel yang di tentukan oleh rumus Slovin sebesar 100 siswa sebagai responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Metode analisis data menggunakan analisis kuantitatif, meliputi: analisis instrumen penelitian dengan validitas dan reliabilitas dan analisis hipotesis dengan regresi linier sederhana. Teori yang digunakan adalah teori S-O-R, teori perubahan sikap, dan teori perilaku konsumtif. Hasil penelitian menunjukan, nilai konsisten variabel perilaku konsumtif adalah sebesar 8,759. Sedangkan koefisien regresi untuk variabel terpaan instagram sebesar 0,189, yang artinya bahwa setiap penambahan 1% terpaan instagram, maka perilaku konsumtifnya bertambah 0,189. Hal ini mengandung arti bahwa koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel terpaan instagram terhadap perilaku konsumtif adalah positif. Dan nilai konsisten variabel kenakalan remaja adalah sebesar 7,495, sedangkan koefisien regresi untuk variabel terpaan instagram sebesar 0,659, yang artinya bahwa setiap penambahan 1% terpaan instagram, maka kenakalan remajanya bertambah 0,659. Hal ini berarti bahwa koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel terpaan instagram terhadap kenakalan remaja adalah positif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media sosial memberikan dampak yang cukup kuat terhadap khalayaknya. Kata Kunci: Terpaan Instagram, Perilaku Konsumtif, Kenakalan Remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2018 01:46
Last Modified: 05 Jan 2018 01:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8985

Actions (login required)

View Item View Item