REPRESENTASI NILAI-NILAI ISLAM PADA KOMUNIKASI NONVERBAL SISWA SLB-B SWADAYA SEMARANG (Studi Semiotika tentang penggunaan komunikasi nonverbal dan komunikasi total pada anak tunarungu)

Aryani, Indah Dwi (2017) REPRESENTASI NILAI-NILAI ISLAM PADA KOMUNIKASI NONVERBAL SISWA SLB-B SWADAYA SEMARANG (Studi Semiotika tentang penggunaan komunikasi nonverbal dan komunikasi total pada anak tunarungu). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
File 1 COVER.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 2 ABSTRAK.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 4 BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
File 5 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
File 6 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
File 7 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
File 8 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
File 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Anak tunarungu memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi. Salah satu dampak yang memungkinkan adalah kurangnya pengetahuan akan kewajiban pada agama islam. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara untuk meningkatkan pengetahuan siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan mengetahui cara untuk meningkatkan pengetahuan siswa tunarungu melalui Representasi nilai-nilai Islam penggunaan komunikasi nonverbal dan komunikasi total di SLB-B Swadaya Semarang. Paradigma penelitian ini adalah konstruktivisme, Dengan tipe penelitian deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumenter. Menggunakan metode semiotika Charles Sanders Peirce yang digunakan untuk menganalisis tanda-tanda komunikasi nonverbal dan komunikasi total siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik menurut asumsi Herbert Blumer, yang digunakan untuk menganalisis makna dari kegiatan yang mengandung nilai-nilai Islam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, meskipun siswa tunarungu memiliki keterbatasan pendengaran dan wicara, mereka tetap dapat memahami dan mengikuti pelajaran di sekolah seperti anak normal. Hanya saja ketika berkomunikasi mereka menggunakan komunikasi nonverbal dan komunikasi total. Untuk meningkatkan pengetahuan tentang agama dapat dilakukan melalui pengajaran di sekolah, dengan cara membudayakan dalam keseharian siswa sehingga mengetahui kewajibannya sebagai seorang muslim, yaitu dengan berdoa, mengaji dan shalat, serta dapat berakhlak baik kepada dirinya, kepada guru, kepada teman dan kepada kakak kelas. Selain akhlak, peran moral dan etika juga berpengaruh pada kehidupan siswa tunarungu. Penelitian ini terbatas pada lingkup sekolah saja, sehingga disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat memperdalam penelitian pada lingkup luar kelas dan keluarga. Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan kepada masyarakat untuk memahami komunikasi siswa tunarungu serta diharapkan penelitian ini dapat dipublikasi pada Perpustakaan Unissula. Kata kunci : Semiotika, Interaksi Simbolik, Komunikasi Nonverbal, Siswa Tunarungu SLB-B Swadaya Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2018 01:46
Last Modified: 05 Jan 2018 01:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8984

Actions (login required)

View Item View Item