Cantika W.R, Ferina (2017) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN TINGKAT KETERGANTUNGAN MEDIA SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 10 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi UNISSULA.
|
Text
FILE 1 COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
||
Text
FILE 6 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
||
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
Text
FILE 8 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
||
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat, khususnya kemajuan yang terdapat pada smartphone. Mengakses internet sudah menjadi rutinitas dan media sosial dianggap sebagai satu-satunya cara untuk memenuhi kebutuhan dan menghilangkan rasa bosan. Hal ini dapat membuat seorang individu khususnya pelajar menjadi ketergantungan pada media sosial, dan dikhawatirkan berdampak mengganggu prestasi bahkan menurunkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui hubungan tingkat ketergantungan media sosial dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Teori yang digunakan adalah teori sistem ketergantungan media dan teori motivasi belajar. Data primer dikumpulkan melalui hasil kuesioner terhadap 91 responden di SMA Negeri 10 Semarang dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan variabel X1 dengan Y diperoleh nilai signifikansi sebesar -0,014 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan, sedangkan variabel X2 dengan Y diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Hasil korelasi yang didapatkan antara intensitas penggunaan smartphone dengan motivasi belajar mempunyai koefisien sebesar 0,037 yang mempunyai arti terdapat hubungan yang “sangat rendah”. Sedangkan korelasi yang didapatkan antara tingkat ketergantungan media sosial dengan motivasi belajar mempunyai koefisien sebesar 0,456 yang mempunyai arti terdapat hubungan yang “sedang”. Hasil penelitian lain pun ditunjukkan melalui tabulasi silang, antara variabel X1 dengan Y diperoleh persentase sebesar 76,92% dan dari variabel X2 dengan Y diperoleh persentase sebesar 69,23%. Dari hasil tersebut, dapat diketahui bahwa motivasi belajar (Y) siswa SMA Negeri 10 Semarang itu tinggi. Dan seberapa besar apapun intensitas penggunaan smartphone dan ketergantungan media sosial, maka motivasi belajar siswa SMA Negeri 10 Semarang tetap tinggi. Kata Kunci : intensitas, smartphone, ketergantungan, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Jan 2018 01:45 |
Last Modified: | 05 Jan 2018 01:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8981 |
Actions (login required)
View Item |