PERILAKU KONSUMTIF DALAM BERBELANJA ONLINE MELALUI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Online Shop @e_fabric Pada Remaja di Kota Semarang)

Mulyasari, Aryani (2017) PERILAKU KONSUMTIF DALAM BERBELANJA ONLINE MELALUI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Online Shop @e_fabric Pada Remaja di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (859kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif dalam belanja online merupakan suatu tindakan yang dilakukan dalam mengkonsumsi suatu barang secara berlebihan tanpa adanya pertimbangan yang rasional hanya untuk mendapatkan kepuasan hasrat dan kesenangan semata dalam belanja online. Perilaku belanja online ini akan menjadikan remaja yang di kota Semarang lebih berperilaku boros. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perilaku konsumtif dalam belanja online melalui sosial media instagram pada remaja di kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif dalam belanja online melalui sosial media instagram pada remaja di kota Semarang. Tipe penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 (dua belas) informan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis dengan teori Psikoanalisis menurut asumsi Sigmund Freud dan teori Hierarki Kebutuhan Abraham W. Maslow. Hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa perilaku konsumtif dalam belanja online pada remaja di kota Semarang termasuk kategori perilaku konsumtif, karena melakukan pembelian online secara berlebihan. Perilaku tersebut ditunjukkan dengan intensitas belanja online yang dilakukan terhitung tidak wajar, berkisar 2 sampai 3x dalam satu bulan, dengan menghabiskan biaya mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 500.000, bahkan ada yang mencapai Rp1000.000 untuk belanja jilbab pada akun online shop @e_fabric. Adapun faktor-faktor yang menjadi penyebab terbentuknya perilaku konsumtif pada remaja disebabkan karena adanya faktor pribadi, faktor sosial dan juga factor psikologis. Penelitian ini memiliki keterbatasan mengenai kurangnya pengetahuan informasi yang dimiliki oleh semua informan mengenai faktor penyebab perilaku konsumtif dan juga kurangnya referensi buku secara mendetail yang menjelaskan tentang perilaku konsumtif. Penelitian ini diharapkan bahwa remaja harus mengotrol diri dalam berbelanja online, sehingga tidak menjadi berperilaku konsumtif dalam mengkonsumsi sesuatu barang secara berlebihan. Diharapkan juga penelitian ini dapat dipublikasikan pada Perpustakaan Unissula dan juga di website jurnal karya ilmiah. Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Remaja, Online shop

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Dec 2017 05:05
Last Modified: 21 Dec 2017 05:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8975

Actions (login required)

View Item View Item