MATHOYAH, SITI (2015) PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SAYUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI_1COVER.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Siti, Mathoyah. 2015. Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islamdi SMP Negeri 1 Sayung Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing : Bapak Drs. Ahmad Rohani HM, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015”. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015”. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah persepsi siswa, sedangkan variabel terikat (Y) adalah kompetensi profesional guru.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan bentuk deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Sayung Demak berjumlah 977 siswa dan sampel sebanyak 34 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala bertingkat (rating), observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus Kai Kuadrat. Dalam hal ini menempuh beberapa tahapan yaitu analisis pendahuluan meliputi analisis uji data dan uji hipotesis kemudian analisis lanjut. Persepsi sebagai proses yang menyangkut masuknya pesan atau informasi ke dalam otak manusia. Faktor yang berperan dalam persepsi, yaitu (1) Objek atau stimulus yang dipersepsi (2) Alat indera, syaraf, dan pusat susunan syaraf dan (3) Perhatian.Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) satu dan yang lainnya berbeda dalam cara menyampaikan materi dan tingkat penguasaan materinya. Oleh karena itu menimbulkan persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI juga berbeda-beda. Ada yang mempunyai persepsi positif ada juga yang negatif. Penulis mengambil hipotesis yaitu “Ada perbedaan yang signifikan persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015”. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa “ada perbedaan yang signifikan persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015”.Hal ini dapat dilihat berdasarkan analisis Kai Kuadrat pada taraf signifikansi 5% Kai Kuadrat observasi atau > = 22,47 sedangkan Kai Kuadrat tabel atau 22,47>9,488 maka hipotesis nihil ( = 9,488. Karena ) ditolak danhipotesis alternatif ( ) diterima. berarti ada perbedaan yang signifikan antara frekuensi yang diobservasi dan frekuensi yang diharapkan.Saran dalam penelitian ini adalah guru hendaknya mengembangkan dan memperkaya bahan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi profesionalnya. Kata Kunci : Persepsi Siswa dan Kompetensi Profesional Guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Aug 2015 02:32 |
Last Modified: | 26 Aug 2015 02:32 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/897 |
Actions (login required)
View Item |