EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN SHALAT DI MTs. FUTUHIYYAH KUDU SEMARANG

ARYANTO, RIFKI BAGUS (2015) EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN SHALAT DI MTs. FUTUHIYYAH KUDU SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1COVER.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Aryanto, Bagus Rifki. 2015. Efektivitas Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Shalat di MTs. Futuhiyyah Kudu Semarang. Skripsi. Program Studi Tarbiyah Fakultas Agama Islam. Pembimbing: Drs. Ahmad Rohani H. M, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas Metode Demonstrasi, Pembelajaran Shalat. Penilitian ini berjudul “Efektivitas Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Shalat di MTs. Futuhiyyah Kudu Semarang”. Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran shalat diperlukan metode pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan menerapkan metode demonstrasi. Dalam penelitian ini menggunakan rumusan masalah, apakah penerapan metode demonstrasi efektif dalam pembelajaran shalat di MTs. Futuhiyyah Kudu Semarang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk membuktikan bahwa dalam mengajarkan tata cara shalat yang baik dan benar serta mudah dipahami anak didik di MTs. Futuhiyah Kudu Semarang akan lebih efektif dengan mendemonstrasikanya dihadapan anak didik. Adapun kegunaan dalam penelitian ini adalah mendalami pola pengajaran dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar, menerapkan metode demonstrasi untuk diterapkan di sekolah untuk memberi pemahaman yang lebih baik dalam shalat, serta menambah khasanah keilmuan mengenai metode demonstrasi dan shalat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dalam rancangan percobaan ini digunakan dalam satu kelompok subjek. Secara garis besar ada 5 langkah dalam rancangan percobaan ini, antara lain : pertama yaitu melakukan tes pengukuran atau dikenal dengan pretest, tujuanya untuk mengukur mean prestasi belajar sebelum subyek diajar dengan metode demonstrasi. Kedua Kenakan subjek yang sama, yaitu metode mengajar dengan demonstrasi, untuk jangka waktu tertentu. Jika dalam penelitian ini dilakukan 7 kali pertemuan. Ketiga dilakukan tes pengukuran kedua dikenal dengan nama post test, untuk mengukur mean prestasi belajar setelah subjek dikenakan treatment atau tindakan eksperimen. Keempat Bandingkan hasil pretest dan posttest untuk menentukan seberapa perbedaan yang timbul, jika sekiranya ada, sebagai akibat dari digunakanya treatment tersebut. Kelima terapkan tes statistik dalam hal ini uji-t untuk menentukan apakah perbedaan itu signifikan. Berdasarkan paparan rumusan masalah di atas, hipotesis yang penulis ajukan adalah sebagai berikut: “penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran shalat di MTs. Futuhiyyah Kudu Semarang tahun pelajaran 2014-2034 adalah efektif.” Subjek penelitian adalah siswa dengan memilih secara random tetapi tergolong dalam faktor yang perlu dikontrol dengan tujuan memaksimalkan pengaruh hasil eksperimen yang dilakukan. Adapun kelompok subjek ini terdiri 30 siswa. Pada penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa: lembar observasi (pengamatan) untuk mengamati kegiatan siswa, wawancara, kemudian dengan dokumentasi dan foto-foto pada saat pembelajaran, serta lembar hasil pre test dan post test.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 02:32
Last Modified: 26 Aug 2015 02:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item View Item